quotes

WELCOME TO MADELINE JESSICA BLOG
Learn from yesterday, Live for today, Hope for tomorrow :)

Selasa, 28 Oktober 2014

SOSOK LUH KETUT SURYANI

"Berjuang Menyingkap Kegelapan"
Kamis, 23 Oktober 2014
Luh Ketut Suryani

"Terpasung di Pulau Surga" berawal dari survei tentang bunuh diri di Bali. Kasus bunuh diri disebabkan gangguan jiwa berat, beban ekonomi menjadi penyebab utama.
Suryani wanita kelahiran Singaraja, Bali, 22Agustus 1944 ini menolak konstruksi kesehatan jiwa dalam teori-teori sempit dalam kerangka klinis.
Rumah sakit jiwa tidak menyelesaikan persoalan besar dibalik fenomena gangguan jiwa. Hospital based harusnya sudah digantikan Community Based Treatment yang lebih efektif.
Jadi, mereka mendidik masyarakat, pasien dan keluarga untuk mengenali tanda dini untuk kumat, selain itu on call obat tetap
di konsumsi tapi seminimal mungkin karna ada efek samping, kecuali dalam keadaan darurat.
Suryani harus melewati perjuangn keras karena pemerintah mendiskriminasi gangguan jiwa, dan program biasanya terpusat pada penyakit fisik.
Dana yang dikeluarkan pemerintah tidaklah cukup, dari situ dia bertekad tetap melanjutkan pengobatan gratis dengan subsidi silang ditambah sumbangan dari dalam dan luar negeri.
Kemudian jumlah preentase pasien sembuh terus meningkat. Suryani memang dikenal sebagai sosok kontroversial.
Dia berani melawan apapun karena punya pijkan kuat yang didasari penelitian panjang. Dia mengambil spesialisasi kedokteran jiwa agar bisa mempelajari diri sendiri serta ingin mendalami teori memory reframing. 
Dia memilih teori memory karna memberi harpan, gangguan kejiwaan bisa dicegah sejak saat janin dalam kandungan jika rahimnya sehat, oleh sebab iu, anak harus tumbuh dalam kasih sayang, rasa aman, dan dihargai.

Jadi kurikulum pendidikan harus diubah agar anak dapat berfikir merdeka, Suryani juga menolak anggapan bahwa gangguan jiwa sebagai kutukan.

Madeline Jessica (1801442350) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar