quotes

WELCOME TO MADELINE JESSICA BLOG
Learn from yesterday, Live for today, Hope for tomorrow :)

Jumat, 27 Maret 2015

Human Philosophical Reflections 2: Knowledge, Intelligence, Affection, and Freedom

Gambar 1. Filosofi Manusia
1. Knowledge (Pengetahuan)
Pengetahuan tidak bisa dipandang seperti memandang suatu objek yang terdapat di sana, di depan subjek, yang dapat dijangkau oleh pandangan dan oleh tangan manusia. Permasalahan kritis di sini adalah kompleksitas pengetahuan manusia yang sulit dijangkau secara lengkap, utuh, dan paripurna oleh budi manusia yang terbatas. 
Gambar 2. Knowledge
1.1 Pengetahuan perseptif, ketika sambil muncul secara spontan, pengetahuan itu memungkinkan orang untuk menyesuaikan dirinya secara langsung dengan situasi yang disajikan. 

1.2 Pengetahuan refleksif, ketika pengetahuan itu membuat objektif kodrat dari suatu realitas apa pun juga.Pengungkapannya adalah, baik dalam bentuk ide, konsep, definisi, serta putusan-putusan maupun dalam bentuk lambang, mitos, atau karya-karya seni.

1.3 Pengetahuan indrawi lahir atau indrawi luar kalau orang mencapainya secara langsung, melalui penglihatan, pendengaran, pembau, perasaan, serta peraba setiap kenyataan yang mengelilinginya.
1.4 Pengetahuan indrawi batin ketika menampakkan dirinya kepada orang dengan ingatan dan khayalan, baik mengenai apa yang tidak ada lagi atau yang belum pernah ada maupun yang terdapat di luar jangkauannya.

1.5 Pengetahuan diskursif, ketika pengetahuan itu memperhatikan suatu aspek dari benda kemudian suatu aspek yang lain, ketika pengetahuan itu pergi dan datang dari keseluruhan ke bagian-bagian, dan dari bagian-bagian ke keseluruhan. 

1.6 Pengetahuan intuitif, ketika pengetahuan menangkap atau memahami secara langsung benda atau situasi dalam salah satu aspeknya, keseluruhan dalam satu bagian, sebab dalam akibat, konsekuensi dalam prinsip, dan sebagainya.

1.7 Pengetahuan induktif, bila menarik yang universal dari yang individual, dan sebaliknya deduktif, bila menarik yang individual dari yang universal.

1.8 Pengetahuan kontemplatif, bila mempertimbangkan benda-benda dalam dirinya dan untuk dirinya sendiri.

1.9 Pengetahuan spekulatif, bila mempertimbangkan benda-benda dalam bayangan-bayangan dan ide-ide, atau konsep-konsep tentang benda-benda itu. 

1.10 Pengetahuan sinergis, kalau merupakan akumulasi dari seluruh daya kemampuan dari subjek (yang sedang mengetahui). 


2. Intelligence (Pengertian)
Gambar 3. Intelligence (Pengertian)
         Intelegensi diambil dari kata intellectus dan kata kerja intellegere (bahasa Latin). Kata intellegere terdiri dari kata intus yang artinya dalam pikiran atau akal, dan kata legere yang berarti membaca atau menangkap. Kata intellegere dengan ini berarti membaca dalam pikiran atau akal segala hal dan menangkap artinya yang dalam.Inteligensi adalah kegiatan dari suatu organisme dalam menyesuaikan diri dengan situasi-situasi, dengan menggunakan kombinasi fungsi-fungsi seperti persepsi, ingatan, konseptual, abstraksi, imajinasi, atensi, konsentrasi. seleksi relasi, rencana, ekstrapolasi, prediksi, kontrol (pengendalian), memilih, mengarahkan. Berbeda dengan naluri, kebiasaan, adat istiadat, hafalan tanpa mempergunakan pikiran, tradisi. Pada tingkat intelek (pemahaman) yang lebih tinggi, inteligensi juga dapat diartikan sebagai proses pemecahan masalah-masalah (soal-soal kebingungan) dengan penggunaan pemikiran abstrak. Bentuk-bentuk kegiatan intelektif manusia berasal dari tahap-tahap yang paling rendah (sederhana) sampai ke tahap yang lebih tinggi (kompleks). Pengetahuan itu berjalan dari tahap yang tidak sadar sampai kepada tahap yang sadar.

3. Affection (Afektivitas)
    Afektivitas adalah satu dari unsur-unsur pokok dasariah dari cara berada manusia di dunia. dan satu dari dimensi-dimensi esensial roh manusia. Perbuatan afektif harus dimengerti sebagai segala gerakan atau kegiatan batin yang karenanya subjek ditarik atau ditolak. Cipta (kognisi), karsa (konasi), rasa (afeksi), itulah trias-dinamika manusia, atau manusia sebagai trias-dinamika. Diakui bahwa manusia bukan saja memiliki kemampuan kognitif-intelektual, tetapi juga afektivitas. Afektivitas juga membuat manusia berada secara aktif dalam dunianya serta berpartisipasi dengan orang lain dan dengan peristiwa-peristiwa dunianya. Melalui peranan afektivitaslah, manusia tergerakkan hatinya, keinginannya, dan perasaannya atau ketertarikannya untuk mengamati, mempelajari, dan mengembangkan pengada-pengada aktual di sekitarnya menjadi bagian dari proses keberadaannya. Afektivitas tidak sama dengan pengetahuan, namun menjadi penggerak atau penyebab dan sekaligus akibat dari proses pengetahuan manusia dalam arti penerapannya dalam bentuk perbuatan atau tindakan. Prinsipnya, orang hendaknya tidak terlalu cepat membuat dikotomi mengenai pengetahuan dan afektivitas. Karena terdapat kemungkinan bahwa pengetahuan tertentu mungkin hanya tercapai melalui perasaan.
3.1  Pengetahuan eksistensial mempunyai sifat sebagai kepastian bebas dan memberi alasan untuk percaya bahwa kebebasan manusia tidak pernah absen dari penegasan intelektual mengenai adanya afektivitas dalam alam pengetahuannya. 
Kondisi yang mendukung kegiatan afektif:
-Pertama, antara subjek dan objek harus ada ikatan kesamaan atau kesatuan itu sendiri
-Kedua, nilai (baik dan buruk)
-Ketiga, sifat dasariah dan kecenderungan kognitif
-Keempat, mengenal adalah kausa dari afektivitas
-Kelima, imajinasi

4. Freedom (Kebebasan)
Gambar 4. Freedom
Arti kebebasan juga mempunyai makna yang lebih luas. Kebebasan pada jaman sekarang bukan hanya berarti sekedar terbebas dari keadaan terjajah, namun mungkin lebih berarti bebas untuk mengaktualkan diri mengikuti perkembangan jaman ini.Kebebasan adalah suatu kondisi tiadanya paksaan pada aktivitas. Kata kebebasan sering diartikan sebagai suatu keadaan tiadanya penghalang, paksaan, beban atau kewajiban, jadi kata bebas menunjuk kepada manusia sendiri yang mempunyai kemungkinan untuk memberi arah dan isi kepada perbuatannya.

4.1 “Freedom is self-determination”.  Kebebasan merupakan sesuatu sifat atau ciri khas perbuatan dan kelakuan yang hanya terdapat dalam manusia dan bukan pada binatang atau benda-benda. Louis Leahy membedakan tiga macam atau bentuk kebebasan, yaitu; a)  kebebasan fisik, b) kebebasan moral dan c) kebebasan psikologis.

Refrensi
1. PPT BinusMaya: Human Philosophical Reflections 2: Knowledge, Intelligence, Affection, and Freedom Pertemuan ke- 13 diunduh tanggal 28-03-2015 http://binusmaya.binus.ac.id 

5 komentar:

  1. Hallo Madeline. Penyampaian materinya sudah ringkas. Aku suka sama isi materinyaa. Oiya Madeline mungkin kamu lupa untuk mencantumkan sumbernyaa.
    Nilai untuk Madeline 84:) Semangaat yaaaa cantik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenernya ini materinya baru ghin aku masih upload setengah nya aja, segera menyusul kok sumbernya. Terimakasih Ghina :))

      Hapus
  2. Hallo Madeline. Penyampaian materinya sudah sangat bagus dan mudah untuk dibaca, saya berharap blog saya juga bisa sebagus punya anda. Mungkin untuk beberapa waktu kedepan kita bisa menjalin kerjasama untuk membuat postingan. Nilai buat Madeline 83

    BalasHapus
  3. Penyampaian materinya sudah bagus :) kalau bisa dirapihin dikit ya
    82 buat Ica

    BalasHapus
  4. Penyampaian materinya cukup singkat dan jelas. Cukup memuaskan :) Nilai nya 85

    BalasHapus