quotes

WELCOME TO MADELINE JESSICA BLOG
Learn from yesterday, Live for today, Hope for tomorrow :)

Senin, 09 Maret 2015

Human Diversities 1: Language, Gender, Ethnicity, and Culture

1. Bahasa (Language)

Bahasa adalah kapasitas manusia untuk berkomunikasi, Kajian ilmiah terhadap bahasa disebut linguistik. Ilmu Bahasa (linguistics) atau Antropologi linguistik adalah cara dimana bahasa sebagai cerminan dan bisa mempengaruhi kehidupan sosial  dalam hal ini mencakup cara praktek bahasa menentukan pola komunikasi. Bahasa selalu berubah seiring berjalannya waktu, hal ini dibuktikan penemuan beberapa antropolog dengan adanya perbedaan linguistik dari kuno, kontemporer sampai modern. Sociolonguist memeriksa keanekaragaman bahasa di negara-negara mulai dari multilingualisme kepada logat bervariasi dan gaya yang digunakan dalam suatu bahasa mencerminkan perbedaan sosial. (Fasold 1990; Labov 1972a; 1972b) Perbedaan bahasa di dunia ini diperkirakan antara 6000-7000 bahasa namun tergantung perubahan dialek nya.

Komunikasi Non verbal 
Ketika berkomunikasi kita mengirimkan informasi diri kita kepada orang lain dan menerima informasi tersebut dari mereka. Ekspresi wajah, sikap tubuh, dan bahkan gerakan secara tidak sadar menyampaikan informasi merupakan gaya komunikasi kita.
Bahasa secara alami dapat dimengerti sepeti bahasa isyarat, dengan menggunakan simbol tertentu memungkinkan orang mengerti walau tidak mengucapkan kata.

Gambar 1. Warga yang berpartisipasi untuk belajar bahasa isyarat
di Bundaran HI, Jakarta (saat Car Free Day)

2. Gender

Gender merupakan identitas seksusual pribadi seseorang tanpa memandang jenis kelamin biologis (seks) seseorang. Dalam konsep gender yang dikenal adalah peran gender individu di masyarakat, sehingga orang mengenal maskulinitas dan femininitas.
Seauatu yang dianggap maskulin dalam suatu kebudayaan dapat dianggap feminin dalam budaya lain. Jadi sebenarnya, feminin atau maskulin tergantung konteks sosial budaya di daerah tersebut.

Gambar 2. Pengemudi Bus TransJakarta wanita yang beroperasi saat Hari Kartini.
Hal ini menunjukan kesetaraan gender karena biasanya pengemudi bus sebagian besar laki-laki

3. Etnis dan Ras

Etnis berkaitan dengan faktor-faktor budaya seperti kebangsaan, budaya, keturunan, bahasa dan keyakinan, konsp etnis mengacu pada budaya dan cara hidup bersama sementara ras mengacu pada penampilan fisik seseorang seperti warna kulit, warna mata, warna rambut, struktur tulang/ rahang. Ras juga lebih menjelaskan perbedaan genetik yang dimiliki.

Gambar 3. Bhinneka Tunggal Ika (Bermacam-macam tapi tetap satu jua)

4. Budaya

Budaya berasal dari bahasa sansakerta buddhayah dari kata buddhi yang diartikan akal manusia. Dalam bahasa inggris culture yang berasal dari kata latin colere, artinya mengolah atau mengerjakan.
Definisi budaya secara umum : Kebudayaan adalah hasil karya manusia unuk mempertahankan hidup, memperoleh keturunan dan meningkatkan taraf kesejahteraan. dengan segala keterbatasan, kelengkapan jasmaninya serta sumber daya alam disekitarnya.

Refrensi:
  • Podolefsky,.A and P. J Brown (2007) Applying cultural anthropology: an introductory reader 7th eds. New York: Mc Graw- Hill
  • PPT Binus Maya Human Diversities 1 Pertemuan ke-4 diunduh 09-05-2015 http://binusmaya.binus.ac.id/AccessApp.aspx?AppId=ankN224zkCGlL6Prt9ts4Qkw%2bx4hUYN0ZtPgD4FezY4%3d 
  • Rathje William, and Cullen Murphy (2001) Encyclopedia of anthropology. Thousand Oaks. Calif: Sage

5 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Hallo Ica. Untuk penyampaian materinya sudah sangat bagus, menarik dan sudah rapih. Namun, kalau bisa sumbernya dari binusmaya ya.
    Nilai Untuk Ica 80 :)

    BalasHapus
  3. Hiho Madeline, Untuk penyampaian materinya bagus, menarik dan sudah rapih. Sama seperti apa yang di katakan komentator pertama. Saya beri nilai 82 buat anda :)

    BalasHapus
  4. hai ica untuk tulisannya sudah bagus dan rapih, di tingkatkan lagi yaa.. nilai untuk ica 80

    BalasHapus
  5. Materinya sudah cukup bagus dan rapi, nilainya 80 :)

    BalasHapus