quotes

WELCOME TO MADELINE JESSICA BLOG
Learn from yesterday, Live for today, Hope for tomorrow :)

Senin, 23 Maret 2015

Kota Tua Jakarta

Bangunan tua yang dikenal dengan sebutan Batavia  Lama (Oud Batavia) dulunya dijuluki "Permata Asia" atau "Ratu dari Timur" sejak abad ke-16 oleh pelayar Eropa karena sebagai pusat perdagangan untuk benua Asia karena lokasinya yang strategis serta Sumber Daya Alam yang melimpah.
Gambar 1. Gedung Balai Kota Batavia, kantor Gubernur Jendral VOC.
Bangunan ini sekarang menjadi Museum Sejarah Jakarta


Sejarah
Tahun 1526, Fatahillah, dikirim oleh Kesultanan Demak, menyerang pelabuhan Sunda Kelapa di kerajaan Hindu Pajajaran, kemudian dinamai Jayakarta. Kota ini hanya seluas 15 hektare dan memiliki tata kota pelabuhan tradisional Jawa. Tahun 1619, VOC menghancurkan Jayakarta di bawah komando Jan Pieterszoon Coen. Satu tahun kemudian, VOC membangun kota baru bernamaBatavia untuk menghormati Batavieren, leluhur bangsa Belanda. Kota ini terpusat di sekitar tepi timur Sungai Ciliwung, saat ini Lapangan Fatahillah.Penduduk Batavia disebut "Batavianen", kemudian dikenal sebagai suku "Betawi", terdiri dari etnis kreol yang merupakan keturunan dari berbagai etnis yang menghuni Batavia.Tahun 1635, kota ini meluas hingga tepi barat Sungai Ciliwung, di reruntuhan bekas Jayakarta. Kota ini dirancang dengan gaya Belanda Eropa lengkap dengan benteng (Kasteel Batavia), dinding kota, dan kanal. Kota ini diatur dalam beberapa blok yang dipisahkan oleh kanal. Kota Batavia selesai dibangun tahun 1650. Batavia kemudian menjadi kantor pusat VOC di Hindia Timur. Kanal-kanal diisi karena munculnya wabah tropis di dalam dinding kota karena sanitasi buruk. Kota ini mulai meluas ke selatan setelah epidemi tahun 1835 dan 1870 mendorong banyak orang keluar dari kota sempit itu menuju wilayah Weltevreden (sekarang daerah di sekitar Lapangan Merdeka). Batavia kemudian menjadi pusat administratif Hindia Timur Belanda. Tahun 1942, selama pendudukan Jepang, Batavia berganti nama menjadi Jakarta dan masih berperan sebagai ibu kota Indonesia sampai sekarang.Tahun 1972, Gubernur Jakarta, Ali Sadikin, mengeluarkan dekrit yang resmi menjadikan Kota Tua sebagai situs warisan. Keputusan gubernur ini ditujukan untuk melindungi sejarah arsitektur kota atau setidaknya bangunan yang masih tersisa di sana.Meski dekrit Gubernur dikeluarkan, Kota Tua tetap terabaikan. Banyak warga yang menyambut hangat dekrit ini, tetapi tidak banyak yang dilakukan untuk melindungi warisan era kolonial Belanda.Museum WayangGedung yang tampak unik dan menarik ini telah beberapa kali mengalami perombakan. Pada awalnya bangunan ini bernama De Oude Hollandsche Kerk ("Gereja Lama Belanda") dan dibangun pertamakali pada tahun 1640. Tahun 1732 diperbaiki dan berganti nama De Nieuwe Hollandse Kerk (Gereja Baru Belanda) hingga tahun 1808 akibat hancur oleh gempa bumi pada tahun yang sama. Di atas tanah bekas reruntuhan inilah dibangun gedung museum wayang dan diresmikan pemakaiannya sebagai museum pada 13 Agustus 1975 Meskipun telah dipugar beberapa bagian gereja lama dan baru masih tampak terlihat dalam bangunan ini.

Museum Wayang
Gedung yang tampak unik dan menarik ini telah beberapa kali mengalami perombakan. Pada awalnya bangunan ini bernama De Oude Hollandsche Kerk ("Gereja Lama Belanda") dan dibangun pertama1640. Tahun 1732 diperbaiki dan berganti nama De Nieuwe Hollandse Kerk (Gereja Baru Belanda) hingga tahun 1808 akibat hancur oleh gempa bumi pada tahun yang sama. Di atas tanah bekas reruntuhan inilah dibangun gedung museum wayang dan diresmikan pemakaiannya sebagai museum pada 13 Agustus 1975. Meskipun telah dipugar beberapa bagian gereja lama dan baru masih tampak terlihat dalam bangunan ini.

Gambar 2. Gedung Museum Wayang
Museum Wayang memamerkan berbagai jenis dan bentuk wayang dari seluruh Indonesia, baik yang terbuat dari kayu dan kulit maupun bahan-bahan lain. Wayang-wayang dari luar negeri ada juga di sini, misalnya dari Republik Rakyat Tiongkok dan Kamboja. Hingga kini Museum Wayang mengkoleksi lebih dari 4.000 buah wayang, terdiri atas wayang kulit, wayang golek, wayang kardus,wayang rumput, wayang janur, topeng, boneka, wayang beber dan gamelan. Umumnya boneka yang dikoleksi di museum ini adalah boneka-boneka yang berasal dari Eropa meskipun ada juga yang berasal dari beberapa negara non-Eropa seperti Thailand, Suriname, Tiongkok, Vietnam, India dan Kolombia.Selain itu secara periodik disenggelarakan juga pagelaran wayang pada minggu 2 dan ke 3 setiap bulannya.Pada tanggal 7 November 2003, PBB memutuskan mengakui wayang Indonesia sebagai warisan dunia yang patut dilestarikan.
Gambar 3. Kantor Pos di Kota Tua

Refrensi:
  • http://www.museumwayang.com/Sejarah%20Museum%20Wayang.html diunduh tanggal 20-03-2015
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Tua_Jakarta diunduh tanggal 20-03-2015
  • Kota Tua booklet - Dinas Kebudayaan dan Permuseuman Pemerintah Provinsi DKI Jakarta




Minggu, 15 Maret 2015

Kehidupan untuk Bersyukur

Tuhan itu tidak terlihat tapi bukan berarti tidak ada kan? Aku memang belum pernah bertemu secara langsung namun aku percaya pertolongannya nyata dan langsung terasa.
Pengalaman ini terjadi ketika libur lebaran 2014 ketika nenek ku meninggal dunia disitu kami sekeluarga harus pergi ke malang padahal kami tidak merencanakan untuk pulang tahun ini. Duka yang dirasa tak hanya itu saja, ketika kami dalam perjalanan pulang saat malam takbiran itu kami mengalami kecelakaan. Kecelakaan beruntun antara bis dan mobil, trauma? tentu pasti dirasa. Baru saja kehilangan orang yang kami cinta sekarang malah kami semua yang akan kehilangan nyawa. Hatiku menjerit  "Tuhan inikah yang namanya cobaan? Manakah perlindungan malaikat Mu?" pertanyaan yang berputar dikepalaku seolah-olah menyalahkan Tuhan.
Tiba-tiba aku melihat semua orang berkerumun didepan mobil kami dan langsung terdengar sirine mobil polisi, kaki tanganku bergetar tak bisa bicara karena baru pertama kali ini aku mengalami kecelakaan. Kami di ungsikan ke Rest Area dekat Pos Polisi Kebumen. Sebelum nya aku mendengar suara orang-orang yang bercerita "Untungnya tak ada korban dalam kejadian ini, karena biasanya selalu terjadi kecelakaan yang memakan korban tiap tahun dijalan ini" ujar salah satu warga. Aku hanya bisa menghela nafas dan mengelus dada. Terimakasih Tuhan atas perlindungan-Mu aku sangat bersyukur masih bisa hidup walau harus mengalami kecelakaan. 
Gambar 1. Gambar mobil yang menabrak mobilku (T1398K) dan gambar mobilku yang rusak parah
Semuanya dalam proses karna saat itu malam takbiran kami tidak dapat langsung pulang ke Jakarta kami dijemput untuk pulang ke Jogjakarta. Trauma yang masih membekas makin dibuat kesal dengan mobil yang menabrak tidak mau mengganti kerugian, namun kata papa ku "Tidaklah penting menuntut kerugian yang terpenting kami sekeluarga masih selamat dan tidak ada yang terluka.".
Tuhan memberikan cobaan kepada kita karena kita mampu mengatasi cobaan itu. Tentu Tuhan tidak akan pernah memberikan cobaan melebihi kemampuan umat-Nya.

Gambar 2. Ucapan Syukur dengan ziarah ke Goa Maria



Selasa, 10 Maret 2015

Human Diversities 2: Religion and Arts

1. Agama (Religion)

Agama merupakan sistem yang mengatur kepercayaan dan tata ibadah kepada Tuhan, kata "Agama" berasal dari bahasa sansakerta yang berarti tradisi. Sementara "Religi" berasal dari bahasa latin religio atau re-ligare yang artinya mengikat kembali, maksudnya religi yaitu mengikat dirinya kepada Tuham. Agama sebagai universal busaya mencakup keyakinan dan perilaku berkaitan dengan makhluk gaib, kekuasaan dan kekuatan. (Anthony FC Wallace)
1.1 Animisme
Animisme merupakan pandangan yang paling primitif dan didefinisikan sebagai keyakinan dalam jiwa yang berasal dari usaha pertama untuk menjelaskan mimpi dan fenomena.
1.2 Totemisme
Totemisme adalah agama dan unsur-unsur alam bertindak sebagai template suci bagi masyarakat melalui asosiasi simbolik. Mereka menggunakan alam sebagai model bagi masyarakat. Ritual ini memainkan peran penting dalam menciptakan dan memelihara solidaritas kelompok.
1.3 Sinkretisme
Sinkretisme adalah campuran budaya, termasuk campuran agama, yang muncul ketika dua atau lebih tradisi budaya bersentuhan.
Contohnya termasuk voodoo, Santeria, dan candomlé.Kultus kargo Melanesia dan Papua Nugini adalah sinkretisme dari ajaran Kristen dengan kepercayaan asli.

Gambar 1. Tempat Ibadah seluruh Agama yang ada di Indonesia

2. Seni (Art)

Art dalam bahasa inggris di ambil dari bahasa latin "artem" yang berarti keterampilan, kecakapan, atau skill. Seni juga dapat diartikan sebagai sesuatu yang diciptakan manusia yang mengandung unsur keindahan. Seni sangat sulit untuk dijelaskan dan untuk dinilai.

Definisi menurut para ahli:

  1. Alexander Baum Garton : Seni adalah tujuan positif yang menjadikan penikmat merasa dalam kebahagiaan
  2. Aristoteles : Seni adalah bentuk pengungkapannya dan penampilannya tidak penah menyimpang dari kenyataan.
  3. Immanuel Kant : Seni adalah sebuah impian karena rumus-rumus tidak dapat mengikhtiarkan kenyataan.
Gambar 2. Lukisan Monalisa Seni Populer Leonardo Da Vinci pada abad ke- 16

Refrensi:

  • Departemen Pendidikan Nasional (2008) Kamus besar bahasa indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
  • Pasurdi Suparlan dan Robertson, Roland (1998) Agama dalam analisis dan interpretasi sosiologis. Jakarta: CV Rajawali
  • PPT Binus Maya Human Diversities 2 Pertemuan ke- 7 diunduh 10-03-2015 http://binusmaya.binus.ac.id/AccessApp.aspx?AppId=ankN224zkCGlL6Prt9ts4Qkw%2bx4hUYN0ZtPgD4FezY4%3d
  • Simpatupang, G. R Lano Lastoro (2010) Perspektif Antropologi Seni dan Estetika. Jurnal Penelitian Seni Budaya Vol 2 No 1 Juni 2010

Senin, 09 Maret 2015

Human Diversities 1: Language, Gender, Ethnicity, and Culture

1. Bahasa (Language)

Bahasa adalah kapasitas manusia untuk berkomunikasi, Kajian ilmiah terhadap bahasa disebut linguistik. Ilmu Bahasa (linguistics) atau Antropologi linguistik adalah cara dimana bahasa sebagai cerminan dan bisa mempengaruhi kehidupan sosial  dalam hal ini mencakup cara praktek bahasa menentukan pola komunikasi. Bahasa selalu berubah seiring berjalannya waktu, hal ini dibuktikan penemuan beberapa antropolog dengan adanya perbedaan linguistik dari kuno, kontemporer sampai modern. Sociolonguist memeriksa keanekaragaman bahasa di negara-negara mulai dari multilingualisme kepada logat bervariasi dan gaya yang digunakan dalam suatu bahasa mencerminkan perbedaan sosial. (Fasold 1990; Labov 1972a; 1972b) Perbedaan bahasa di dunia ini diperkirakan antara 6000-7000 bahasa namun tergantung perubahan dialek nya.

Komunikasi Non verbal 
Ketika berkomunikasi kita mengirimkan informasi diri kita kepada orang lain dan menerima informasi tersebut dari mereka. Ekspresi wajah, sikap tubuh, dan bahkan gerakan secara tidak sadar menyampaikan informasi merupakan gaya komunikasi kita.
Bahasa secara alami dapat dimengerti sepeti bahasa isyarat, dengan menggunakan simbol tertentu memungkinkan orang mengerti walau tidak mengucapkan kata.

Gambar 1. Warga yang berpartisipasi untuk belajar bahasa isyarat
di Bundaran HI, Jakarta (saat Car Free Day)

2. Gender

Gender merupakan identitas seksusual pribadi seseorang tanpa memandang jenis kelamin biologis (seks) seseorang. Dalam konsep gender yang dikenal adalah peran gender individu di masyarakat, sehingga orang mengenal maskulinitas dan femininitas.
Seauatu yang dianggap maskulin dalam suatu kebudayaan dapat dianggap feminin dalam budaya lain. Jadi sebenarnya, feminin atau maskulin tergantung konteks sosial budaya di daerah tersebut.

Gambar 2. Pengemudi Bus TransJakarta wanita yang beroperasi saat Hari Kartini.
Hal ini menunjukan kesetaraan gender karena biasanya pengemudi bus sebagian besar laki-laki

3. Etnis dan Ras

Etnis berkaitan dengan faktor-faktor budaya seperti kebangsaan, budaya, keturunan, bahasa dan keyakinan, konsp etnis mengacu pada budaya dan cara hidup bersama sementara ras mengacu pada penampilan fisik seseorang seperti warna kulit, warna mata, warna rambut, struktur tulang/ rahang. Ras juga lebih menjelaskan perbedaan genetik yang dimiliki.

Gambar 3. Bhinneka Tunggal Ika (Bermacam-macam tapi tetap satu jua)

4. Budaya

Budaya berasal dari bahasa sansakerta buddhayah dari kata buddhi yang diartikan akal manusia. Dalam bahasa inggris culture yang berasal dari kata latin colere, artinya mengolah atau mengerjakan.
Definisi budaya secara umum : Kebudayaan adalah hasil karya manusia unuk mempertahankan hidup, memperoleh keturunan dan meningkatkan taraf kesejahteraan. dengan segala keterbatasan, kelengkapan jasmaninya serta sumber daya alam disekitarnya.

Refrensi:
  • Podolefsky,.A and P. J Brown (2007) Applying cultural anthropology: an introductory reader 7th eds. New York: Mc Graw- Hill
  • PPT Binus Maya Human Diversities 1 Pertemuan ke-4 diunduh 09-05-2015 http://binusmaya.binus.ac.id/AccessApp.aspx?AppId=ankN224zkCGlL6Prt9ts4Qkw%2bx4hUYN0ZtPgD4FezY4%3d 
  • Rathje William, and Cullen Murphy (2001) Encyclopedia of anthropology. Thousand Oaks. Calif: Sage

Sabtu, 28 Februari 2015

Introduction: History & System of Psychology

NAMA TOKOH
PEMIKIRAN TOKOH
THALES
AIR sebagai prinsip dasar segala sesuatu
ANAXIMANDER
Prinsip dasar segala sesuatu itu TIDAK TERBATAS (to Apeiron)
ANAXIMENES

UDARA sebagai prinsip dasar segala sesuatu
EMPEDOCLES
AIR, TANAH, API, UDARA sebagai 4 elemen prinsip dasar dari segala sesuatu
HIPPOCRATES
Ilmu Kedokteran mengembangkan teori Empedocles dan membaginya kedalam 4 golongan tipe manusia (sanguine, melankolik, kholerik, phlegmatic)
DEMOCRITUS
Prinsip dari segala sesuatu TIDAK TERBAGI atau indivisible particles (Atom)
HERACLITUS
“Segala sesuatu mengalir” dan API merupakan prinsip dasar dari segala sesuatu karena menlambangkan kesatuan dalam perubahan
PARMENIDES
Segala sesuatu “yang ada” itu sifatnya tidak berubah

ALCMAEON
OTAK sebagai pusat kehidupan ; Jiwa bersifat abadi dan terus bergerak sementara tubuh akan lenyap
GALEN
Prinsip yang paling dasar adalah PNEUMA atau udara, terbagi menjadi Pneuma physicon (roh hewani) di otak mengatur pergerakan, persepsi, dan indera. Pneuma zoticon (roh hayati) yang ada di jantung mengatur darah dan suhu tubuh
PROTAGORAS
Kebenaran didasarkan pada masing-masing orang yang merasakannya (Relativisme)
GORGIAS
Manusia memiliki pandangan tentang nilai secara berbeda, maka dari itu perlu untuk meyakinkan orang lain (Retorika)
XENOPHANES
“Satu yang meliputi semua” konsep Tuhan yang tidak dilahirkan dan tidak memiliki akhir ; sifatnya kekal
SOCRATES
Manusia merupakan objek filsafat yang penting (terutama etika dan moral nya)
PLATO
Dunia ini tidak ada perubahan, semua ide bersifat abadi dan tidak bisa diubah, (ide karya seni atau keindahan)
ARISTOTELES
Pengetahuan dibangun atas dasar pengamatan dan pengelihatan. Keindahan menyangkut keseimbangan ukuran yakni ukuran material


Refrensi :

  •   Fuad Hasan. 1996. Pengantar Filsafat Barat, Jakarta: Pustaka Jaya
  •  Juhaya S. Praja. 2005. Aliran-Aliran Filsafat dan Etika. Jakarta: Kencana
  •  K. Bertens. 1990. Sejarah Filsafat Yunani. Yogyakart: Kanisius
  • Mudji Sutrisno dan Christ Verhaak. 1993. Estetika Filsafat Keindahan Yogyakarta: Kanisius
  • Simon Petrus L. Tjahjadi. 2004. Petualangan Intelektual. Yogyakarta: Kanisius

Kamis, 26 Februari 2015

Human Realities in the light of Sociology, Anthropology, Philosophical Anthropology, and Psychology

APA ITU SOSIOLOGY?

Gambar 1. Sosiology
Berdasarkan etimologi nya sociology berasal dari bahasa latin dan yunani yaitu "socious" artinya teman dan "logos" artinya perkataan atau pembicaraan. Hal ini sejalan dengan teori Auguste Comte (1798-1857) seorang filsuf dari perancis yang mengatakan sosiologi berarti cerita teman atau kawan yang berfokus pada pengaruh hubungan sosial pada sikap dan perilaku masyarakat.

Gambar 2. Monument Auguste Comte, "Bapak Sosiologi" (Place de la Sorbonne, Paris)
Teori tentang definisi sosiologi menurut 5 tokoh:

  1. Emile Durkheim : Ilmu yang mempelajari tentang lembaga-lembaga sosial
  2. William G. Sumner : Ilmu yang mempelajari tentang gejala-gejala sosial
  3. M. Kovalevsky : Ilmu yang mempelajari tentang organisasi dan perubahan sosial
  4. George Simmel : Ilmu yang mempelajari tentang hubungan antar manusia
  5. Max Weber : Ilmu yang mempelajari tentang tindakan-tindakan sosial
"To understand a science, it is necessary to know its history" - Auguste Comte

APA ITU ANTROPOLOGI?


Gambar 3. Anthropology
Berdasarkan etimologi nya anthropology berasal dari bahasa yunani yaitu "anthropos" artinya manusia , dan "logia atau logo" artinya ilmu pengetahuan. Dapat disimpulkan antropologi merupakan studi ilmiah dan humanistik keragaman manusia. Hal ini sejalan dengan Franz Boas (1858-1942) yang menerapkan metode ilmiah dalam mempelajari masyarakat dan kebudayaan manusia.

Gambar 4. Franz Boas "Bapak antropologi Amerika"
Teori tentang definisi antropologi menurut 5 tokoh:
  1. David Hunter : Ilmu yang lahir dari keingintahuan yang tidak terbatas tentang umat manusia
  2. Koentjaraningrat : Ilmu yang mempelajari tentang umat manusia pada umumnya dengan mempelajari aneka warna, bentuk fisik masyarakat, serta kebudayaan yang dihasilkan
  3. William A. Haviland : Ilmu yang mempelajari tentang umat manusia, berusaha menyusun generalisasi yang bermanfaat tentang manusia dan perilakunya serta untuk memperoleh pengertian yang lengkap tentang keanekaragaman manusia
  4. Ralfh L Beals dan Harry Hoijen :  Ilmu yang mempelajari tentang manusia dan semua apa yang dikerjakannya
  5. Tulian Darwin : Antropologi fisik berkembang pesat dengan melakukan penelitian-penelitian terhadap asal mula dan perkembangan manusia
"The historical development of the work of anthrophologists seems to single out clearly a domain of knowledge that here to fore has not been treated by any other science" - Franz Boas

APA ITU PSIKOLOGI?

Gambar 5. Psikologi
Berdasarkan etimologi nya psikologi berasal dari bahasa yunani yaitu "psyche" artinya jiwa , dan "logo" artinya ilmu pengetahuan. Secara umum, psikologi adalah Ilmu yang mempelajari segala hal yang berhubugan dengan jiwa, asal-usulnya, prosesnya, dan akibat yang ditimbulkan.
Dapat disimpulkan psikologi mempelajari perilaku dan proses mental, perilaku meliputi segala yang dilakukan dan dapat diamati sementara proses mental meliputi pikiran, perasaan dan motivasi.

Teori tentang definisi psikologi menurut 5 tokoh:

  1. Morgan CT. King : Ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku manusia dan hewan
  2. Roediger : Ilmu sistematis yang mempelajari tentang tingkah laku dan kehidupan mental
  3. Mayer : Analisis ilmiah yang mempelajari proses mental dan struktur daya ingat untuk memahami perilaku manusia
  4. Willhelm Wundt : Ilmu yang mempelajari tentang kesadaran manusia
  5. Branca : Ilmu tentang perilaku

APA KATA MEREKA?

Setelah kita melihat definisi Sosiologi, Antropologi, dan Psikologi menurut para ahli kita sekarang membandingkannya dengan pendpat orang-orang tentang padangan mereka. Disini kelompok kami bertanya pada orang-orang di area kampus Binus Anggrek, jawaban mereka bervariasi ada yang mengetahui ada juga yang masih bingung. Berikut 3 orang dengan jawaban unik mengenai pandangan mereka:

Gambar 6. Satpam Binus

Gambar 7. Cleaning Service Binus



Gambar 8. Penjaga Perkiran

















Pendapat Mereka:
  • Satpam : Sosiologi itu kemasyarakatan, Antropologi itu ilmu tentang purbakala. Kalau Psikologi itu ilmu kejiwaan 
  • Cleaning Service : Tidak tahu semuanya 
  •  Penjaga Parkiran : Sosiologi itu ada di pelajaran SMA tapi udah lupa. Antropologi itu yang mempelajari tentang cuaca. Psikologi itu yang bisa baca pikiran orang
Begitulah yang terlintas dipikiran mereka saat diberi pertanyaan "Apa itu Sosiologi, Antropologi, dan Psikologi?" tentu hal ini sangatlah berbeda jauh dengan teori yang sebenarnya. :)

Refrensi:

  • Buku Catatan
  • Sarwono, S. W. (2008). Berkenalan dengan Aliran-aliran dan Tokoh-tokoh Pikologi. Jakarta: Bulan Bintang.
  • Sumanto, M. A. (2013). Psikologi Umum. Yogyakarta: Center of Academic Publishing Service
  • PPT Binus Maya http://binusmaya.binus.ac.id/AccessApp.aspx?AppId=ankN224zkCGlL6Prt9ts4Qkw%2bx4hUYN0ZtPgD4FezY4%3d diunduh 25-02-2015

Senin, 12 Januari 2015

SOSOK RATNAGANADI PARAMITA

Gambar 1.1 Foto Ratna di Harian Kompas
"Tetap Ingin Mengabdi kepada Indonesia"
Sabtu, 10 Januari 2014
Ratnaganadi Paramita

Gambar 1.2 Foto Ratna saat Wisuda di Universitas California, San Diego
Perempuan kelahiran Jakarta, 8 November 1992 ini penerima Satyalencana Wira Karya bidang Sains dan Seni dari PresidenRI. Ratna tidak ingin berhenti berkarya untuk Indonesia bahkan tahun ini dia menyelesaikan pendidikannya di bidang Neurosains dari Universitas California, San Diego, Amerika dengan mendapatkan beasiswa penuh selama 4 tahun. Walaupun banyak tawaran untuk bekerja diluar negeri namun dia tetap ingin kembali pulang dan mengembangkan neurosains di negeri asalnya, Indonesia. Ketertarikannya dalam bidang neurosains bermula saat mengamati cara anak belajar di pendidikan formal yang terlalu dibebani beragam pelajaran dan diminta untuk mengetahui dan meghafal sementara hanya di berikan porsi yang sedikit untuk anak mengasah kemampuan berfikir dan memecahkan masalah. Padahal kita bisa mengubah kebiasaan tersembut dengan satu kunci yaitu "kemauan". Anak-anak diajak untuk berdisusi sebuah masalah dan diajak untuk mencari solusi atau jalan keluarnya. Dengan neurosains, otak dibantu untuk bekerja lebih optimal dan lebih fokus pada hal yang penting.
"Jika kerja otak bisa fokus pada hal penting untuk hidup kita, kerja kita bisa menghasilkan sesuatu yang luar biasa dan dapat digunakan untuk menyempurnakan teknologi yang akan membuat hidup kita lebih baik" Ratna
Madeline Jessica (1801442350)