quotes

WELCOME TO MADELINE JESSICA BLOG
Learn from yesterday, Live for today, Hope for tomorrow :)

Jumat, 29 Mei 2015

Collective Behavior and Social Movements

1. Collective Behavior
Gambar 1. Perilaku kolektif mahasiswa pada saat kerusuhan tahun 1998. Mereka melakukan demonstrasi secara besar-besaran ke gedung DPR, hal ini mereka lakukan secara spontan atas dasar penyaluran rasa kebebasan selama orde baru. Namun, dengan adanya moment tersebut munculah orde reformasi di Indonesia.


1.1 Definisi Perilaku Kolektif
Perilaku kolektif adalah Perilaku yang relatif spontan dan tidak terstruktur dari sekelompok orang yang bereaksi terhadap pengaruh umum dalam situasi yang ambigu. Sosiolog menentukan perilaku kolektif sebagai perilaku yang relatif spontan dan sementara yang melibatkan sejumlah besar orang terlibat dalam kegiatan yang melanggar norma-norma konvensional.

1.2 Theories of Collective Behavior

1.2.1Convergence Theories
Inti dari teori ini adalah bahwa orang bertindak terutama didasarkan pada kecenderungan individu. Kecenderungan tersebut membuat mereka mencari berpikiran kolektivitas. Kolektivitas tersebut dengan demikian akan terdiri dari individu-hati, dengan kecenderungan bersama untuk bentuk perilaku tertentu.

1.2.2 Social Contagion Theory
Kenyataan menjadi bagian dari kerumunan memodifikasi perilaku individu dan, dalam arti, membuat mereka untuk sementara, jika tidak waras setidaknya irasional dan bahwa perilaku tersebut akan hilang ketika mereka meninggalkan kerumunan. 

1.2.3 Emergent Norm Theory (Ralph Turner dan Lewis Killiam (1957) )
Mengembangkan teori muncul norma perilaku kolektif, di mana mereka mendukung beberapa aspek teori penularan sosial, tapi menolak premis dasar: individu dalam kerumunan menjadi tidak rasional dan gila. Mereka mengganti premis ini dengan mereka sendiri: aktor sosial adalah norma-makhluk berikut; sebagai hasilnya, jika perilaku konformis adalah produk dari norma-norma konvensional, maka perilaku kolektif adalah produk dari norma-norma yang muncul.
Berdasarkan teori ini, individu tentunya tidak menjadi gila sekali di tengah orang banyak. Mereka berperilaku berbeda karena norma-norma yang berbeda, namun mereka masih mengikuti norma-norma. Dalam hal ini, perilaku kolektif adalah produk dari kesesuaian, bukan penyimpangan, meskipun hasilnya mungkin muncul menyimpang.

1.2.4 Value-Added or Structural-Strain Theory (Neil Smelser (1963))
Memfokuskan analisisnya pada faktor-faktor sosial-struktural skala besar yang mengarah ke perilaku kolektif. Untuk Smelser, psikologis make-up dari para peserta untuk perilaku kolektif tidak relevan; faktor-faktor penentu yang benar-benar bersifat sosial-struktural.

1.3 Types of Collective Behavior

1.3.1 Localized Collectivities – Crowds 
Kolektivitas yang beranggotakan berdekatan secara fisik. Lebih khusus lagi, kerumunan adalah pertemuan sementara di mana orang-orang dalam satu disekitar lain sehingga mereka mempengaruhi perilaku masing-masing dan berbagi fokus umum dari perhatian.
Herbert Blumer (1969) membedakan berbagai jenis tipe:
  1. Casual crowds  terjadi ketika orang-orang berkumpul di tempat yang sama pada waktu yang sama dengan interaksi terbatas sehingga norma-norma baru cenderung muncul dan peran relatif dibeda-bedakan. Orang-orang menonton artis jalanan atau belanja di mal adalah contoh yang baik dari kerumunan kasual.
  2. Conventional crowds  terjadi ketika peristiwa tertentu direncanakan dan sejumlah besar orang yang dijadwalkan hadir. Oleh karena itu ada lebih banyak interaksi, norma-norma tertentu, dan diferensiasi peran daripada di banyak santai. Contoh kerumunan konvensional parade, pemakaman, acara olahraga atau upacara wisuda.
  3. Expressive crowds  terjadi ketika sejumlah besar orang berkumpul untuk tujuan khusus mengalami emosi yang kuat. Menunjukkan kebangkitan agama, perayaan Mardi Gras atau pemakaman selebriti adalah contoh dari orang banyak tersebut.
  4. Acting crowds  terjadi ketika kolektivitas adalah sangat terfokus dan kemarahan adalah emosi yang dominan. Kerumunan tersebut cenderung merusak dan kekerasan. Massa dan kerusuhan adalah contoh bertindak banyak.
1.4 Istilah dalam Collective Behavior:
  • Mobs: Massa sangat emosional dan kekerasan massa yang menargetkan individu atau kategori individu tertentu. Kekerasan massa biasanya dimotivasi oleh rasa takut, atau marah.
  • Riots: Kerusuhan adalah bentuk kekerasan perilaku kerumunan. Namun, bertentangan dengan massa, tidak fokus pada target tertentu tetapi tidak diarahkan. Kerusuhan lebih mungkin untuk menyebabkan kerusakan properti daripada massa.
  • Panic: Panik adalah tindakan kelompok yang spontan dan tidak terkoordinasi untuk melarikan diri dari beberapa ancaman. 
  • Rumors: Sebuah rumor adalah informasi yang tidak berdasar berlalu informal dari individu ke individu tanpa verifikasi.
  • Gossips: Gosip adalah rumor tentang individu-individu tertentu dan kehidupan pribadi mereka. Mereka dapat digunakan sebagai bentuk kontrol sosial: memuji atau mempermalukan orang-orang tertentu memperkuat kesesuaian dengan norma-norma kelompok tertentu. 
Gambar 2. Gosip atau fakta? Terompet Sangkakala Tanda Kiamat Makin Dekat Atau Fenomena Alam. Issue yang berkembang di masyarakat saat ini semakin membingungkan antara rekayasa teknologi atau kenyataan.
  • Fads: Fads adalah Mode sangat terkait dengan budaya barat konsumsi massa dan mereka semua melibatkan pembelian besar benda-benda yang tidak berguna atau produk yang kehilangan nilai apapun secepat mode selesai.
  • Crazes: Kegilaan mirip dengan fads bahwa mereka melibatkan konsumsi besar-besaran dan cepat dan berakhir tiba-tiba. Namun, dalam menggila, keuntungan adalah motif utama.
Gambar 3. "Indonesia sudah kembali ke zaman batu" begitulah yang tergambar saat melihat kerumunan orang dengan fenomena fads/crazes. Mereka tergila-gila dengan batu mulia atau batu akik ini bahkan rela mengeluarkan nominal yang irasional hanya untuk membeli batu. 
  • Fashion: Fashion adalah mode yang mengacu pada gaya penampilan, pemikiran atau perilaku senilai suatu titik waktu tertentu dalam masyarakat dan diikuti oleh banyak orang. Jika mode tampaknya muncul entah dari mana, tren fashion muncul di kelas atas karena melibatkan konsumsi mewah.
Gambar 4. Jakarta Fashion Week, sebagai kiblat fashion di Indonesia. Penampilan dan tren dari perancang busana terkenal, fashion look menjadi suatu keharusan di kalangan menengah atas.

  • Public Opinion: Opini publik meliputi gagasan luas, sikap dan keyakinan dikomunikasikan kepada para pengambil keputusan melalui jajak pendapat dan survei untuk diperhitungkan dalam keputusan politik.
  • Propaganda: Propaganda adalah informasi yang dirancang untuk secara aktif membentuk dan mempengaruhi opini publik.
2. Social Movements
Gambar 5. Mahasiswa berpantonim sebagai wujud aksi nyata menolak korupsi yang sudah turun-temurun terjadi di Indonesia. Gerakan yang dilakukan masyarakat untuk mendorong perubahan dalam pemerintahan yang Anti-Korupsi.
2.1 Definisi Gerakan Sosial
Aktivitas sosial berupa gerakan sejenis tindakan sekelompok yang merupakan kelompok informal yang berbentuk organisasi, berjumlah besar atau individu yang secara spesifik berfokus pada suatu isu-isu sosial atau politik dengan melaksanakan, menolak, atau mengkampanyekan sebuah perubahan sosial.

2.2 Theories of Social Movements

2.2.1 Relative Deprivation Theory (Denton Morrison (1971) ) 
Teori yang lebih umum tentang mengapa individu bergabung gerakan sosial. Seseorang mengalami deprivasi relatif ketika dia merasa bahwa dia tidak menerima nya "adil" dari apa yang tampaknya menjadi tersedia.

Kunci untuk ide deprivasi relatif:

  • gagasan tentang harapan, yaitu, apa yang orang pikir mereka pantas dan inginkan dalam hidup.
  • gagasan tentang harapan yang sah. 
  • gagasan dari harapan diblokir, tujuan-tujuan bahwa individu tidak dapat memenuhi melalui cara konvensional.

2.2.2 Resource Mobilization Theory
Oberschall: untuk mempertahankan sebuah gerakan sosial, harus ada organisasi dasar dan kontinuitas kepemimpinan.
Marx: pemimpin perlu membantu para pekerja mengatasi kesadaran palsu - sikap yang tidak mencerminkan posisi obyektif pekerja.

2.2.3 Political Process Theory
Teori proses politik berfokus lebih pada isu-isu makro-sosiologis yang membuat gerakan sosial mungkin.
  1. Kekuatan Organisasi: semakin terorganisir kelompok adalah, semakin besar kemungkinan anggotanya untuk membentuk gerakan sosial dan semakin besar kemungkinan gerakan akan berhasil;
  2. Pembebasan Kognitif: semakin banyak anggota berpikir peluang sukses mereka baik, semakin besar kemungkinan mereka untuk membuat gerakan mereka akan berhasil;
  3. Peluang politik: sekutu politik lebih utama gerakan sosial telah, semakin besar kemungkinan akan berhasil.

2.2.4 New Social Movements Theory
Gerakan sosial baru itu sendiri adalah respon terhadap perubahan sosial besar-besaran yang dibawa oleh globalisasi.
Gerakan sosial baru: kegiatan kolektif terorganisir yang mempromosikan otonomi, penentuan nasib sendiri, dan peningkatan kualitas hidup.


Refrensi:
  1. Gerakan Sosial (diunduh tanggal 30-05-2015) disarikan dari http://id.wikipedia.org/wiki/Gerakan_sosial
  2. Herbert G. Blumer, (1969). "Collective Behavior." In Alfred McClung Lee, ed., Principles of Sociology. Third Edition.(pp. 65–121.) New York: Barnes & Noble Books.
  3. Hooguelt, Ankle MM, (1995) Sosiologi Sedang Berkembang, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  4. Locher, David A.,(2002) Collective Behavior, Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.
  5. Neil J. Smelser. (1962). Theory of Collective Behavior. New York: Free Press. ISBN 0-02-929390-1
  6. Schaefer, Richard.  (2012).  Sociology.  (Chapter 21) 13th Edition.  MGHE.  New York.   ISBN: 0078026660. 
  7. Slide Binus Maya Pertemuan ke-37 diunduh 30-05-2015 Collective Behavior and Social Movements http://binusmaya.binus.ac.id/AccessApp.aspx?AppId=ankN224zkCGlL6Prt9ts4Qkw%2bx4hUYN0ZtPgD4FezY4%3

2 komentar:

  1. Hi Madeline. Aku suka deh sama penyampaian materi kamu, sudah cukup ringkas dan mudah untuk dipahami, dilengkapi dengan gambar dan sumber dari buku. Aku mau kasih nilai ke kamu 90 yaa:) Semangat terus yaa

    BalasHapus
  2. sudah bagus ca terutama sumbernya :) 88 buat Ica

    BalasHapus