quotes

WELCOME TO MADELINE JESSICA BLOG
Learn from yesterday, Live for today, Hope for tomorrow :)

Jumat, 29 Mei 2015

Collonialism and Development, Cultural Exchange and Survival

1. Collonialism
Gambar1. Markas VOC (Verenigde Oostindische Compagnie) dibawah pimpinan Jan Pieterzoon Coen, menjadi salah satu "saksi bisu" dalam penjajahan yang dilakukan negara kincir angin.


1.1 Kolonialisme
Kolonialisme adalah pengembangan kekuasaan sebuah negara atas wilayah dan manusia di luar batas negaranya, seringkali untuk mencari dominasi ekonomi dari sumber daya, tenaga kerja, dan pasar wilayah tersebut. Istilah ini juga menunjuk kepada suatu himpunan keyakinan yang digunakan untuk melegitimasikan atau mempromosikan sistem ini, terutama kepercayaan bahwa moral dari pengkoloni lebih hebat ketimbang yang dikolonikan.
Pendukung dari kolonialisme berpendapat bahwa hukum kolonial menguntungkan negara yang dikolonikan dengan mengembangkan infrastruktur ekonomi dan politik yang dibutuhkan untuk pemodernisasian dan demokrasi.

1.2 Impersialism
Imperialisme mengacu pada kebijakan memperluas kekuasaan suatu bangsa atau kerajaan atas bangsa-bangsa asing lalu mengambil dan menahan koloni asing. Kolonialisme mengacu pada dominasi politik, sosial, ekonomi, dan budaya suatu wilayah dan rakyatnya oleh kekuasaan asing untuk jangka waktu. Kolonialisme modern dimulai dengan Age of Discovery di mana negara-negara Eropa mendirikan koloni di selurh dunia baru.

1.3 Collonialism and Identity
Perbedaan etnis dan politik di seluruh dunia sangat terganggu oleh kolonialisme. Sebagai contoh, banyak dari batas-batas politik modern di Afrika Barat didasarkan pada linguistic, politik, dan ekonomi kontras yang merupakan hasil dari kebijakan kolonial Eropa di wilayah tersebut.

1.4 Postcolonial Studies
Kajian postcolonial mengacu pada penelitian yang menargetkan interaksi antara negara-negara Eropa dan masyarakat yang mereka jajah. Istilah ini juga digunakan untuk merujuk pada paruh kedua abd ke-20 dan dapat juga digunakan untuk menandakan posisi melawan imperialism dan Eurosentrisme.

2. Development
Gambar 2. Perkembangan ekonomi yang terjadi di Indonesia terjadi karena "Revolusi Hijau" pada masa orde baru. Hal ini membuat petani bersmangat untuk mencapai swasembada beras.

2.1 Development : Philosophy
Sebuah filosofi intervensi adalah pembenaran ideologis untuk campur tangan dalam kehidupan penduduk asli, didasarkan pada asumsi bahwa seseorang memiliki cara yang unggul hidup atau berpikir.

2.2 Development : Problems
  1. Situasi dianggap sebagai masalah yang dihasilkan dari gaya hidup pribumi mungkin sebenarnya akibat dari dampak sistem dunia pada gaya hidup itu. 
  2. Efek sistemik proyek pembangunan sebenarnya bisa berbahaya (misalnya, pajak, dan kenaikan sewa dalam menanggapi mengangkat pendapatan). 
  3. Ahli difokuskan secara sempit tidak mungkin untuk menyadari implikasi spektrum yang luas dari skema pembangunan.
2.3 Strategies for Innovation
Kottak menggambarkan analisis komparatif tentang enam puluh delapan proyek pembangunan, dimana ia menetapkan bahwa proyek-proyek pembangunan ekonomi yang sesuai budaya dua kali sukses financial yang tidak kompatibel.

2.3.1 Overinnovation
Overinnovation mengacu pada proyek-proyek pembangunan membutuhkan perubahan besar atas nama masyarakat sasaran. Proyek-proyek yang bersalah overinnovation umumnya tidak berhasil. Untuk menghindari overinnovation, proyek-proyek pembangunan harus peka terhadap budaya tradisional dan keprihatinan dari kehidupan sehari-hari di masyarakat sasaran.

2.3.2 Underdifferentiation
Underdifferentiation adalah kecenderungan untuk mengabaikan keragaman budaya dan melihat negara-negara berkembang secara sama. Banyak proyek pembangunan salah menganggap bahwa keluarga inti adalah unit dasar produksi dan lahan kepemilikan. Banyak proyek pembangunan juga salah menganggap bahwa koperasi berdasarkan model dari bekas blok Timur akan mudah dimasukkan oleh masyarakat pedesaan.

2.3.3 Third World Models
Model terbaik untuk pembangunan ekonomi yang dapat ditemukan di masyarakat sasaran. Pengembangan realistis mempromosikan perubahan bukan overinnovation dengan menjaga sistem lokal sementara yang membuat mereka bekerja menjadi lebih baik. Contoh Malagasi menunjukkan perhatian dibayar untuk bentuk-bentuk lokal sosial (organisasi keturunan) dan kondisi lingkungan (misalnya, mengambil ternak dari strain disesuaikan dengan lingkungan yang sama).


3. Cultural Exchange and Survival
Gambar 3. Gamelan Jawa banyak dipelajari warga asing. Tak sedikit yang rela pulang-pergi ke Jawa untuk belajar dan mendalami salah satu produk budaya bangsa ini. Daya juang dan ketekunan mereka patut jadi teladan.

3.1 Contact and Domination
Peningkatan kontak antara budaya telah menciptakan kemungkinan meningkat untuk dominasi satu kelompok dengan yang lain melalui berbagai cara.

3.2 Variation In Systems of Domination
Scott (1990) membedakan antara transkrip public dan tersembunyi dari masyarakat budaya dan politik tertindas. Transkrip public mengacu pada terbuka interaksi public antara dominasi dan tertindas. Gramsci (1971) gagasan hegemoni berlaku untuk sistem politik hirarkis dimana dalam ideologi dominan dari elite telah diinternalisasikan oleh anggota kelas bawah. Bourdieu (1977) dan Foucault (1979) berpendapat bahwa itu jauh lebih mudah untuk mengontrol pikiran orang daripada mencoba untuk mengendalikan tubuh mereka.

3.3 Weapons of the Weak
James Scott (1990) bekerja pada petani Melayu menunjukkan kelompok tertindas dapat menggunakan metode non-konfrontatif untuk melawan berbagai bentuk dominasi, Contoh wacana antihegemonic meliputi ritual (misalnya, carnaval) dan sastra rakyat. Resistance adalah posisi sebuah sikap dimana untuk berperilaku bertahan, berusaha melawan, dan menentang.

3.4 Cultural Imperialism
Imperialisme mengacu pada penyebaran satu budaya dengan mengorbankan orang lain  biasanya karena pengaruh ekonomi atau politik diferensial. Negara Barat mendominasi media di seluruh dunia ini.Ini berarti pula, media masa negara Barat juga mendominasi media di Dunia Ketiga.

3.5 Making and Remaking Culture
Sebuah teks didefinisikan sebagai sesuatu yang kreatif membaca, diinterpretasikan, dan ditugaskan makna oleh setiap orang yang menerimanya. Pembaca teks semua berasal makna dan perasaan yang mungkin berbeda dari apa yang pencipta teks dimaksudkan mereka sendiri. Pembacaan hegemonik mengacu pada membaca atau makna bahwa pencipta teks dimaksudkan.

3.6 Popular Culture
Menurut Fiske (1989), penggunaan masing-masing individu dari budaya populer adalah tindakan kreatif. Budaya populer dapat digunakan untuk mengekspresikan perlawanan.

3.7 Indigenezing Popular Culture
Bentuk-bentuk budaya diekspor dari satu budaya ke yang lain tidak selalu membawa arti yang sama dari bekas konteks ke konteks yang terakhir. Interpretasi Aborigin film, Rambo, menunjukkan bahwa makna dapat dihasilkan dari teks, bukan dengan teks. Analisis Appadurai tentang pribumisasi Filipina dari beberapa bentuk musik Amerika menunjukkan keunikan dari bentuk indigenized.

3.8 A World System of Images
Media massa dapat menyebar dan menciptakan identitas nasional dan etnis. Studi lintas budaya menunjukkan bahwa diproduksi secara lokal acara televisi yang lebih suka impor dari luar negeri. Media massa memainkan peran penting dalam mempertahankan identitas etnis dan nasional di kalangan orang-orang yang menjalani kehidupan transnasional.

3.9 Transnational Culture
Seperti media massa, arus modal telah menjadi desentralisasi, membawa dengan itu pengaruh budaya dari berbagai sumber (misalnya, Amerika Serikat, Jepang, Inggris, Kanada, Jerman, Belanda). Buruh migran juga berkontribusi terhadap difusi budaya.

3.10 Postmoderenism
Postmodernitas menjelaskan waktu dan situasi-hari ini dunia dalam fluks, orang-orang ini pada langkah yang telah belajar untuk mengelola beberapa identitas tergantung pada tempat dan konteks. Postmodern merujuk runtuh pembedaan tua, aturan, kanon, dan sejenisnya. Postmodernisme (berasal dari gaya arsitektur) mengacu pernyataan teoritis dan penerimaan berbagai bentuk kebenaran, bertentangan dengan modernisme, yang berbasis di supremasi diasumsikan teknologi Barat dan nilai-nilai. Globalisasi mengacu pada meningkatnya keterhubungan dunia dan rakyatnya. Dengan keterhubungan ini, bagaimanapun, datang basis baru untuk identitas (misalnya, identitas Panindian tumbuh di antara suku-suku yang berbeda sebelumnya).

Refrensi:
  1. Kolonialisme (diunduh tanggal 30-05-2015) disarikan dari http://id.wikipedia.org/wiki/Kolonialisme
  2. Kottak, Conrad Phillip . (2013).  Cultural Anthropology: Appreciating Cultural Diversity.(Chapter 14)  15th Edition.  MGHE.  .   ISBN: 0078035007.
  3. Slide Binus Maya Pertemuan ke-35 diunduh 30-05-2015 ollonialism and Development, Cultural Exchange and Survival http://binusmaya.binus.ac.id/AccessApp.aspx?AppId=ankN224zkCGlL6Prt9ts4Qkw%2bx4hUYN0ZtPgD4FezY4%3d

2 komentar:

  1. Hai Madeline. Blognya sudah rapih sekali. Kalau boleh aku mau memberikan nilai 87 yaa:)

    BalasHapus
  2. makasih ya postingannya :0 sudah bagus 86 buat Ica

    BalasHapus